Senin, 24 Mei 2010

Sri Mulyani: Ekonomi RI Ibarat Tubuh Manusia

Rheza Andhika Pamungkas - Okezone

JAKARTA
- Ketika Amerika Serikat (AS) terkena krisis, ekonomi Indonesia terbukti tak terimbas dampaknya. Bahkan ekonomi Indonesia lebih menjadi salah satu yang terkuat di dunia.


Mantan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan bila ekonomi diibaratkan seperti tubuh manusia. Loh kok?

Hal tersebut diungkapkan Sri dalam pidatonya mengenai Ekonomi Indonesia: Krisis Globalisasi dan Optimisme Bersama dengan Dr Sri Mulyani Indrawati yang diadakan Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI), di Hotel Dharmawangsa, Senin (24/5/2010) malam.

"Ekonomi diibaratkan seperti tubuh manusia yang sehat dan ramping jika kita konsisten melakukan program-program kesehatan maka tubuh kita akan ramping dan sehat," katanya.

Maka dari itu, sebagai ekonom harus mempersiapkan globalisasi dengan menyiapkan struktur kebijakan yang kuat sehingga bisa memperoleh benefit dari globalisasi.

"Kuncinya adalah kebijakan struktural harus dikedepankan dan tidak bisa hit and run dan butuh konsistensi dan Indonesia butuh optimis," tandasnya.

Menurutnya, struktur kebijakan tidak bisa disubtitusi dan harus dijalankan secara konsisten. "Indonesia harus optimistis sehingga dapat membuat gelar-gelar yang baik demi menyongsong globalisasi. Semoga ISEI dapat membangun ekonomi yang baik," pungkasnya.

Dirinya pun bercerita, selama lima tahun menjabat sebagai menkeu, dia selalu optimistis dalam bersikap untuk menyambut era globalisasi.
(ade)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar